Thursday, January 12, 2017

Tips cara membuat kue bolu supaya tidak bantat

Tips cara membuat kue bolu supaya tidak bantat

Palembang, 13 Januari 2017

Kegagalan saat membuat kue bolu jangan cepat putus asa. Inilah tips lengkap bagaimana cara membuat kue bolu agar supaya tidak bantat atau kurang sempurna. Banyak ibu ibu maupun para remaja putri yang ogah lagi membuat kue bolu karena bisa dibilang sering gagal. Jangan berputus asa dahulu, sebab bisa jadi anda kurang teliti dalam mempersiapkan bahan bahannya maupun ada kekeliruan cara membuat kue bolu sehingga di waktu waktu mendatang menjadi mahir dalam hal resep kue bolu.
Bisa dikatakan bahwa saat ini cukup banyak jenis dan macam kue bolu, baik itu kue bolu sederhana hingga kue bolu modern yang unik unik, namun tetap saja bahan bahan yang digunakan tetap sama seperti tepung terigu, baking powder, gula pasir, dan lainnya. Jika ada perbedaan biasanya lebih pada bentuknya dan cita rasanya yang mengarah pada nama kue bolu, seperti Bolu Pandan, Bolu Coklat, Bolu Kukus, Bolu Pisang, Bolu Kukus Ketan Hitam, dan jenis kue bolu lainnya.
Dengan demikian jika bunda sekalian memperhatikan dan melengkapi serta menggunakan bahan bahan dan peralatan secara benar, maka tentunya kue bolu bikinan bunda harusnya bagus dan enak, namun kenapa ya kok selalu bisa dibilang gagal. Salah satu kegagalan dalam membuat kue bolu adalah sering kali kita sebut sebagai kue bolu bantat atau kue bolu tidak mengembang. Nah untuk langkah baiknya coba perhatikan beberapa petunjuk dan tips untuk mencegah kue bolu bantat.
5 Hal yang menyebabkan kue bolu gagal atau bantat
Penggunaan bahan pengembang : Dalam membuat kue bolu dapat dikatakan selalu menggunakan bahan pengembang, seperti seperti baking soda, self-raising flour, maupun baking powder. Yang perlu di ingat adalah takaran bahan pengembang tersebut harus tepat dan hal lainnya adalah kualitas bahan pengembang juga harus dipastikan masih layak pakai. Bahan pengembang yang paling sering digunakan bunda biasanya baking powder maupun baking soda. Nah bagi yang jarang jarang membuat kue maka tentunya pengembang disimpan cukup lama, sehingga perlu dipastikan kualitasnya. Jika bunda ragu dengan bahan pengembang tersebut, coba masukkan sedikit dalam air panas, jika mengeluarkan gelembung udara berarti masih layak digunakan.
Saat mengocok adonan : Hal paling penting dalam membuat kue bolu adalah saat membuat adonan, sebab kualitas adonan sangat menentukan hasil kue bolu bunda. Sehingga lakukan dengan benar. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah saat memasukkan gula pasir. Sebaiknya lakukan sedikit demi sedikit dengan tetap menggunakan putaran mixer dan pastikan semua gula pasir larut dengan sempurna.
kue bolu bantat
Bahan bahan : Ada kalanya bunda menggunakan bahan bahan kue seperti bahan pengembang, gula pasir, atau tepung terigu yang tersimpan dalam lemari es ( kulkas ). Jangan langsung digunakan, biarkan suhunya normal sesuai dengan suhu kamar. Penggunaan bahan yang masih terlalu dingin akan menyebabkan pengembangan adonan tidak sempurna atau tidak merata.
Cetakan kue : Jangan remehkan soal memilih cetakan, meskipun tidak mutlak namun penggunaan cetakan kue yang terlalu besar akan berpengaruh pada waktu pematangan, sehingga waktu yang tertera dalam resep kue bunda menjadi tidak pas. Hal lainnya adalah ketinggian adonan dalam cetakan kadang juga ikut berpengaruh.
Panas oven : Banyak kesalahan dalam memasukkan adonan dalam oven saat suhu oven belum tercapai. Dengan demikian sebaiknya masukkan adonan kue bolu saat suhu oven telah panas sempurna atau sesuai dengan yang tertera dalam resep.
Demikian bunda, buntik, sis cantik, maupun remaja putri seklian beberapa hal yang menyebabkan kenapa kue bolu sering bantat. Untuk mencobanya silahkan praktek dengan Resep Bolu Nanas Keju. Untuk melengkapi buku masakan bisa menulis resep yang sedang trend saat ini yakni es krim goreng.

1 comment:

  1. Terima kasih atas informasi nya. Sangat bermanfaat sekali dan membantu.
    Tips Merebus Teh

    ReplyDelete