Tuesday, November 15, 2016

Resep Es Pisang Ijo Makassar Enak

Resep Es Pisang Ijo Makassar Enak


Palembang, 11 November 2016

Resep Es Pisang Ijo – Pisang adalah salah satu buah yang mudah ditemukan dan bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Buah Pisang dapat diolah menjadi berbagai aneka menu makanan dan minuman enak, diantaranya kolak, puding, kue cake, pisang leleh, pisang goreng, pisang bakar, kue nagasari, mata roda, keripik pisang, sale pisang dan Es Pisang Ijo serta masih banyak lagi kreasi dari buah sehat ini. Hal ini menunjukan bahwa Pisang adalah salah satu buah yang mudah dikreasikan. Buah pisang juga dapat dikonsumsi langsung tanpa diolah sebagai pencuci mulut, tentunya buah Pisang yang sudah matang bukan yang masih mentah.
Mengkonsumsi buah Pisang secara rutin juga dapat memberikan manfaat untuk tubuh kita, karena kandungan nutrisi yang ada di dalam buah pisang seperti kalium, vitamin C, vitamin B kompleks, fosfor, dan magnesium, mampu membantu proses pembentukan sel dalam tubuh, dan membantu menjaga kesehatan jantung, otak, ginjal dan kesehatan otot. Buah pisang juga disebut sebagai penyumbang kalium pertama dalam pembentukan sel tubuh kita. Oleh karena itu buah pisang sangat cocok dikonsumsi bagi kita yang memiliki gula darah tinggi dan hipertensi, karena dalam 1 buah pisang dengan kandungan 975 mg kalium dapat menjadi penangkal penyakit stroke dan diabetes.
Salah satu olahan pisang yang sangat digemari masyarakat saat ini adalah Es Pisang Ijo. Es yang berasal dari daerah Sulawesi Selatan tepatnya di kota Makassar ini sekarang tidak hanya dapat dinikmati oleh masyarakat Makassar saja tetapi juga dapat kita jumpai di berbagai daerah di Indonesia. Sehingga kita bisa menyantapnya tanpa harus jauh jauh pergi ke Makassar. Bahkan banyak juga pedagang kaki lima yang menjajakan Es Pisang Ijo ini dengan harga kisaran 5 ribu hingga 10 ribu rupiah tergantung besar kecilnya tempat yang digunakan.
Namun apabila anda ingin menjadikan menu Es Pisang Ijo menjadi salah satu sajian di acara spesial anda seperti arisan, nikahan, ulang tahun, lebaran, dll maka kami sarankan untuk membuatnya sendiri di rumah guna lebih menghemat pengeluaran dan yang pasti anda dapat  menjamin kualitas bahan yang digunakan dan dapat menyesuaikan rasa yang diinginkan, selain itu menu Es Pisang Ijo ini juga dapat dijadikan sebagai peluang usaha kuliner. Kami dari saturesep.com akan memberikan Resep Es Pisang Ijo Makassar Enak yang mudah untuk di ikuti, berikut resep lengkapnya.
Resep Es Pisang Ijo Makassar Enak
Resep Es Pisang Ijo Makassar Enak

Bahan Resep Es Pisang Ijo :

  1. Sediakan 6 buah pisang raja/ kapok/ tanduk yang sudah masak.
  2. Sediakan sirup yang bewarna merah (sirup cocopandan atau rose)
  3. Sediakan serutan es balok (es serut)
  4. Sediakan 80 ml gula pasir.
  5. Sediakan 150 gr tepung beras.
  6. Sediakan 50 gr sagu.
  7. Sediakan 10 helai daun pandan.
  8. Sediakan 10 helai daun suji.
  9. Sediakan 50 gr terigu.
  10. Sediakan 200 ml santan
  11. Sediakan garam secukupnya

Bahan Membuat Kuah Resep Es Pisang Ijo :

  1. Sediakan 150 gr tepung beras
  2. Sediakan 80 gr gula pasir
  3. Sediakan 10 helai daun pandan

Cara Membuat Resep Es Pisang Ijo :

  1. Langkah pertama, kukus semua pisang sampai matang, jika sudah angkat dan sisihkan.
  2. Kemudian blender daun suji dengan air sebanyak kurang lebih 80 ml sampai benar – benar halus dan tercampur.
  3. Selanjutnya saring air blenderan daun suji tadi, dan sisihkan.
  4. Seetelah itu, campurkan air blenderan tadi dengan tepung beras, gula pasir, tepung sagu, daun pandan (tidak dicampur juga tidak apa-apa), terigu, santan, dan garam secukupnya, aduk semuanya hingga merata dan kalis.
  5. Kemudian bentuk adonan tadi membentuk lembaran tipis dan pipih, adonan ini nantinya untuk kulit pisang.
  6. Langkah selanjutnya letakkan pisang yang tadi sudah dikukus diatas lembaran adonan kulit tadi, gulung-gulung pisang sampai tertutup oleh kulit.
  7. Kukus sampai warnanya berubah menjadi kehijauan.

Cara Membuat Kuah Resep Es Pisang Ijo :

  1. Pertama-tama iris daun pandan yang sudah bersih dan blender sampai halus.
  2. Selanjutnya saring air blenderan pandan tadi.
  3. Campurkan air saringan tadi dengan gula pasir dan tepung beras hingga tercampur rata.
  4. Masak adonan kuah sambil diaduk terus hingga adonan mengental, gunakan api yang kecil saja.
  5. Jika sudah kental, angkat dan biarkan sampai dingin.

Cara Menyajikan Resep Es Pisang Ijo :

  1. Ambil pisang yang sudah dibungkus dengan kulit (yang sudah matang), lalu potong-potong menjadi beberapa bagian dan letakkan dipiring saji.
  2. Tambahkan es serut pada pisang, dan siram dengan bubur (kuah), sirup rose atau cocopandan, serta santannya. Kemudian sajikan.
Demikian Cara Membuat Dan Resep Es Pisang Ijo khas Masassar yang wajib anda cobain sendiri di rumah. Untuk menambahkan rasa yang lebih nikmat, anda dapat memberi topping diatasnya menggunakan messes, keju dan untuk kuahnya agar wangi anda dapat menambahkan buah nangka. Bahan dan alat yang digunakan dapat anda peroleh diberbagai pasar tradisional dan supermarket dengan harga yang cukup terjangkau. Menikmati Es Pisang Ijo sangat pas pada saat siang dan sore hari untuk menemani anda bersantai.

No comments:

Post a Comment