Tuesday, November 15, 2016

Resep Kentang Panggang Saus Keju Melted

Resep Kentang Panggang Saus Keju Melted


Palembang, 11 November 2016

Resep Kentang Panggang – Kentang merupakan jenis sayuran dan salah satu keluarga dari umbi-umbian yang berasal dari negara Amerika. Namun dengan perkembangan zaman tumbuhan ini dibudidayakan dan dikembangkan di negara-negara lain khususnya di Indonesia. Kentang sudah menjadi makanan yang populer di berbagai negara bahkan mereka menggunakannya untuk makanan alternatif pengganti nasi dan membantu proses diet secara alami.
Selain itu kentang juga sudah menjadi obat alternatif untuk menyembuhkan penyakit kencing manis (diabetes) yang digunakan oleh tabib dan jamu tradisional. Karena kandungan kentang yang mempunyai fungsi menetralisir berbagai bakteri dan kuman yang masuk ke dalam tubuh. Jika diolah dalam bentuk apapun, kandungan kentang tidak akan hilang sedikitpun. Karena kadar suhu dalam kentang tidak berubah-ubah.
Kandungan serat dalam kentang sangat tinggi sebanding dengan gandum. Serat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Kandungan vitamin B6 pada kentang dapat menghancurkan tumor dan kristal yang tumbuh sebagai virus dalam tubuh dan mencegah gangguan saraf. Selain itu, kentang juga dapat menurunkan kadar kalori dalam tubuh.
Ketika anda bosan dengan nasi atau roti dan sedang menjalani program diet, tetapi tetap ingin mencoba makanan lezat dan sehat, anda dapat memilih kentang dan menjadikan Resep Kentang Panggang ini bisa jadi solusinya. Olahan Kentang Panggang ini sangat cocol menjadi alternatif untuk makan siang anda, karena anda akan dihidangkan dengan satu kentang bulat utuh yang dipanggang dan biasanya akan dilengkapi dengan keju yang melted di atas kentang yang merekah setelah dipanggang.
Warna kulit kentang yang coklat dan harum aroma panggangan keju begitu menggoda untuk mencicipi hidangan yang satu ini. Proses pembuatannya tidak sembarangan dipanggang, dibutuhkan alumunium foil saat proses pemanggangannya untuk menjaga suhu kentang tetap hangat saat disajikan.  Kentang Panggang ini memang terkesan kebarat – baratan, tetapi makanan ini masih cocok di lidah orang Indonesia.
Walaupun kalau kita melihat tampilan sajian dari Resep Kentang Panggang ini sangat cantik dan pasti kita akan berfikir kalau proses pembuatannya pasti sulit. Apalagi jika di restauran anda mendapati ada sajian menu ini, pasti di bandrol dengan harga yang lumayan mahal. Tetapi anda tidak perlu khawatir tidak bisa mencicipinya, karena anda dapat membuatnya di rumah, berikut adalah Resep Kentang Panggang Saus Keju Melted.
Resep Kentang Panggang
Resep Kentang Panggang

Bahan Resep Kentang Panggang :

  1. Sediakan 4 buah kentang segar
  2. Sediakan 300 gr brokoli segar
  3. Sediakan 1 sdm tepung terigu
  4. Sediakan 400 ml susu cair sapi
  5. Sediakan 150 gram keju cheddar
  6. Sediakan 3 sdm mentega
  7. Sediakan 1/2 sdt gula pasir
  8. Sediakan 1/4 sdt garam
  9. Sediakan 1/4 sdt merica/ lada bubuk

Cara Membuat Resep Kentang Panggang :

  1. Pertama-tama, bungkus kentang dengan kertas alumunium foil, lalu panaskan oven dengan suhu 180 celcius. Panggang selama 35 menit. Angkat dan sisihkan.
  2. Sambil menunggu kentang matang kita bisa sambil memasak saus keju. Panaskan mentega dalam wajan lalu masukkan terigu dan aduk hingga membentuk adonan. Tuang susu sedikit demi sedikit sambil diaduk, Masukkan keju parut, gula, garam, dan merica. Aduk rata hingga mengental. Matikan api.
  3. Kemudian angkat kentang lalu belah bagian atasnya, tekan sedikit supaya merekah. Olesi bagian dalam kentang dengan mentega, sisipkan brokoli, siram dengan saus keju, lalu letakkan irisan keju diatasnya. Panggang di oven bersuhu 180 celcius selama 15 menit.
  4. Resep Kentang Panggang yang telah matang siap disajikan.
Tahukah anda, bahwa manfaat kentang akan lebih maksimal jika dikombinasikan dengan brokoli yang kaya provitamin A (karotenoid), asam folat, vitamin C dan serat makanan yang cukup tinggi yang ampuh untuk atasi sembelit. Brokoli juga mengandung glukorafanin yang merupakan bentuk alami senyawa antikanker sulforafana serta mengandung senyawa isotiosianat yang dapat cegah kanker. Selain menambah nilai gizi, penambahan brokoli juga berfungsi mempercantik penampilannya. Oleh karena itu Resep Kentang Panggang ini sangat cocok bagi anda yang ingin merawat tubuh ideal dan sehat.
Untuk menambah cita rasanya, anda dapat menambahkan saus tomat diatas Kentang Panggang yang sudah siap disajikan. Seperti masakan barat lainnya, dan jika anda menghendaki cita rasa ala barat itu, Kentang Panggang  Saus Keju ini pun dapat ditambahkan dengan bahan dan bumbu yang selalu menjadi ciri khas ala barat seperti daging giling atau cincang, keju, bawah bombay dan sosis.

No comments:

Post a Comment