Tuesday, November 15, 2016

Resep Jagung Bakar Spesial Tahun Baru

Resep Jagung Bakar Spesial Tahun Baru


Palembang, 11 November 2016

Resep Jagung Bakar – Perayaan tahun baru adalah hari dimana seluruh ummat di dunia merayakan hari pergantian tahun dengan berbagai kemeriahan. Pesta kembang api adalah acara wajib yang selalu dinanti – nantikan saat pergantian tahun. Acara berlibur ke luar negri ataupun ke rumah sanak saudara juga merupakan tradisi khas tahun baru.
Untuk di Indonesia sendiri, pergantian tahun baru biasanya dirayakan di daerah puncak Bogor, Jawa Barat. Setiap tahunnya di hari menjelang pergantian tahun, ratusan kendaraan pribadi memenuhi jalur menuju daerah puncak, sehingga kemacetanpun tidak terhindarkan. Sedangkan di ibu kota Indonesia yaitu Jakarta biasanya diadakan kirab budaya, video mapping, pesta kembang api, dan konser musik diadakan di beberapa titik di Kota Jakarta.
Kepadatan kendaraan dan ratusan penduduk dari dalam dan luar Jakarta pastinya akan memenuhi pusat – pusat keramaian tersebut. Bagi anda yang tidak suka merayakan tahun baru dengan suasana penuh sesak, maka anda dapat membuat pesta kecil di rumah bersama keluarga. Keamanan dan kenyaman tentu dapat anda rasakan jika merayakan tahun baru di rumah.
Acara perayaan apapun tidak lengkap tanpa deretan hidangan lezat. Tentu saja dalam hal ini termasuk perayaan malam Tahun Baru yang hanya tinggal menghitung jam saja. Masyarakat di seluruh penjuru dunia bahkan memiliki sejumlah hidangan tradisional yang biasa mereka nikmati di malam tahun baru. Meski, hidangan-hidangan ini tak jauh berbeda dengan hidangan yang disantap sehari-hari, namun mereka memiliki simbol dan makna tersendiri.
Untuk masyarakat Indonesia sendiri, di malam tahun baru biasanya mengadakan acara Barbeque atau makanan yang di bakar. Salah satu bahan makanan yang di jadikan sajian Barbeque di malam tahun baru adalah Jagung. Resep Jagung Bakar di Indonesia di dominasi oleh rasa pedas, karena lidah orang Indonesia yang terbiasa dengan rasa pedas.
Jagung Bakar memang sangat cocok dijadikan hidangan untuk menikmati pergantian tahun baru bersama keluarga. Selain bahan – bahannya yang mudah didapatkan, Resep Jagung Bakar juga mudah dibuat, sambil membakar jagung, anak – anak dapat bersukacita meniup terompet dan membakar kembang api sembari menunggu bergantinya jam menuju tahun baru. Berikut ini adalah Resep Jagung Bakar Spesial Tahun baru secara lengkap untuk menjadi hidangan spesial anda di malam tahun baru ini.
Resep Jagung Bakar
Resep Jagung Bakar

Bahan Resep Jagung Bakar :

  1. Siapkan 5 buah jagung manis yang agak muda dan empuk
  2. Siapkan 3 sdm mentega

Bahan Bumbu Halus (Olesan) :

  1. Siapkan 2 buah cabai merah (cabai besar) yang dicincang halus
  2. Siapkan 2 siung bawang putih
  3. Siapkan 1/2 sdm gula merah
  4. Siapkan 1 sdm saus tomat
  5. Siapkan 2 sdm saus cabai
  6. Siapkan Garam secukupnya
  7. Siapkan Penyedap rasa secukupnya (bila suka)

Cara Membuat Resep Jagung Bakar :

  1. Pertama-tama, kupas jagung dari kulitnya namun jangan dipotong bonggolnya (buat pegangan ketika membakar) dan bersihkan
  2. Kemudian, olesi jagung dengan mentega kemudian bungkus dengan daun pisang dan bakar setengah matang
  3. Selanjutnya, bukalah daun pisangnya kemudian olesi jagung dengan bumbu halus, kemudian bakar lagi hingga matang.
  4. HIdangkan dan nikmati segera selagi panas
Anda dapat mengkreasikan susunan Resep Jagung Bakar anda dengan bahan – bahan lain, misalnya anda dapat menambahkan sosis atau bakso di dalam satu tusuk Jagung Bakar. Selain menambah bahan untuk sajian Jagung Bakar, pemanis saat Jagung Bakar siap disajikan juga dapat ditambahkan seperti parutan keju. Jagung Bakar juga dapat dinikmati dengan secangkir minuman hangat seperti Resep Black Coffee Ala Cafe atau minuman dingin.
Jika anda menginginkan rasa manis yang lebih mendominasi Jagung Bakar, maka anda dapat membuat komposisi saus tomat yang lebih banyak dari pada saus cabai. Dan apabila anda menginginkan sensasi rasa asin yang lebih mendominasi Resep Jagung Bakar buatan anda, maka anda tidak perlu menambahkan bumbu pedas saat membakar jagung, cukup oleskan mentega secukupnya seacra merata pada permukaan jagung.

No comments:

Post a Comment